iklkan dulu

Senin, 18 April 2011

HARDISK EXTERNAL LEMOT DAN SULIT BUKA DATA

MEMPERBAIKI HARDISK EXTERNAL YANG LEMOT DAN SULIT BACA FILE



Hardisk external merupakan solusi untuk memindah data dalam ukuran yang besar. pada perkembangannya hardisk external saat ini sudah ada yang berukuran sampai 2 TB. beberapa vendor saling berlomba untuk menciptakan hardisk external yang semakin besar. karena dari waktu ke waktu kebutuhan untuk media penyimpanan data semakin besar saja. tp bagaimanakah jika hardisk external kesayangan kita bermasalah? pusing, dan jengkel tentunya. apalagi jika di dalam hardisk external tersebut berisi data atau foto penting. saya sempat mengalami masalah ini, berawal dari hardisk external jadul saya yang tiba tiba lemot, tidak bisa di baca. namun di my computer masih terlihat partisi dari hardisk external tersebut dengan nama partisi masing masing.
mulai deh kutak kutik tuh hardisk jadul. kapasitas sih kecil, cuma 160Gb. tp didalam hardisk itu tersimpan rapi koleksi software dan driver saya selama 5 tahun. ga rela deh kalau langsung di format. pada awalnya casing hardisk ini saya bongkar, trus di coba langsung di dalam pc. tapi nihil hasilnya. sama saja. akhirnya saya menemukan trik agar kasus seperti ini bisa di atasi. caranya sangat gampang sekali. ternyata ga usah susah susah bongkar casing hardisk external. caranya adalah:

1. Tancapkan ke usb komputer, kalau bisa di port yang belakang.
2. tancapakan dua ujung usb kabel (jika masih menggunakan model hdd lama, kabel usb bercabang)
3. biarkan usb device terbaca di komputer, tunggu hingga partisi hardisk external terbaca di my computer.
4. setelah hardisk sudah terbaca, matikan komputer dengan shut down. tunggu sampai mati, karna proses shut down akan berjalan lebih lama dari biasa.
5. hidupkan komputer, coba hardisk external apa sudah berjalan normal.
6. ulangi langkah 5 jika hardisk masih sulit di baca.

semoga bisa membantu. untuk proses ke 5 ini saya mengulangi sampai 3x baru hardisk external saya bisa normal kembali. saya kira masalah seperti ini di karenakan umur hardis saya yang sudah jadul, ternyata saya pernah menjumpai kasus ini di hardis yang masih terbilang baru. bahkan ada yang baru pakai 2 bulan saja. untungnya cara ini cukup jitu, tanpa resiko pula.
sebenarnya masalah ini terjadi karena jarum pembaca hardisknya tidak berada di tempat / parkir di tempat yang sesuai. hal ini umumnya di sebabkan koneksi yang secara tiba tiba terputus pada saat hardisk external sedang bekerja. maka ada tips biar hardisk external awet.
1. selalu ejek hardisk external bila selesai pakai.
2. jangan cabut kabel usb bila hardisk sedang bekerja, misal copi data.
3. amankan dari benturan, apalagi jatuh.
4. gunakan dengan posisi hardisk tengkurap. jangan posisi miring atau berdiri.
4. gunakan fasilitas defrag hardisk.

trik ini berdasarkan pengalaman pribadi, mohon maaf jika ada kesalahan.

UNKNOWN PARTISION pada hardisk
wahh datanya hilang???? gimana nih??? tanya temenku, saat hardisknya terbaca seperti itu. memang, data tidak bisa di baca sama sekali. bahkan terbaca tidak ada.
untuk menyelamatkan data dari masalah seperti ini biasanya bisa dengan cara menggunakan Linux live cd. saya biasa menggunakan ubuntu. soalnya partisi yang tidak bisa di baca di windows ini masih bisa di baca dengan normal di linux. nah, pas udah masuk linux dan data sudah terbaca, maka segera pindah data yang dianggap penting. setelah itu format atau partisi ulang hddnya. yang penting data bisa di selamatkan.
jika memang sudah terlanjur terformat, data bisa kita recovery lagi dengan software Recovery My Files.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger